Cara Menguatkan Hapalan menurut para Salaf Kita

 on Wednesday, October 18, 2017  

Bismillah



Saudaraku, anda sulit menghapal?? Atau hapalan anda tidak lekat?? Dengarkan nasehat ini semoga bermanfaat!

Ibnul Jauzy rahimahullah berkata, “Cara untuk menguatkan hapalan adalah dengan banyak mengulang-ulang. Dan manusia berbeda-beda dalam hal itu, diantara mereka ada yang hapalannya langsung lengket dengan sedikit mengulang, dan adapula yang tidak hapal kecuali setelah diulang berkali-kali.

Adalah Abu Ishaq asy-Syairozy mengulang-ulang pelajaran sampai seratus kali. Dan al-Kayaa al-Haraasi mengulang-ulangi tujuh puluh kali.

Al-Hasan bin Abi Bakar an-Naisabuury al-Faqiih berkata kepada kami, “Hapalanku tidak lengket sehingga diulang-ulang lima puluh kali.’

Al-Hasan menceritakan kepada kami bahwasanya ada seorang faqiih mengulang-ulang pelajarannya berkali-kali dirumah. Maka istrinya berkata kepadanya, ‘Sungguh aku telah hapal apa yang engkau ulang-ulangi!’ Ia berkata, ‘Coba ulangi.’ maka istrinya mengulangi apa yang dihapalkannya. Selang beberapa hari,  sang faqiih berkata kepada istrinya, ‘Hai istriku, ulangi pelajaran hari itu.’ Istrinya berkata, ‘Aku tidak hapal lagi.’ sang faqiih berkata, ‘Sesungguhnya aku mengulang-ulang ketika menghapal agar tidak menimpaku apa yang menimpamu!” (al-Hats-tsu ‘ala Hifzhil ‘Ilmi, oleh Ibnul Jauzy, hal : 21)

Mari bersemangat mengulang hapalan saudaraku.

Dari Telaga Hati Website Ust Abuz Zubair Hawaary
Cara Menguatkan Hapalan menurut para Salaf Kita 4.5 5 Munir Ardi Wednesday, October 18, 2017 Bismillah Saudaraku, anda sulit menghapal?? Atau hapalan anda tidak lekat?? Dengarkan nasehat ini semoga bermanfaat! Ibnul J...


Powered by Blogger.